Saturday, 23 September 2017
NEWS TICKER
” Serabi Miring ” Panganan Khas yang Ekonomis »  Petugas Pemadam Kebakaran Harus Kenali Sifat – Sifat Api »  Masakan Khas Minahasa Hadir di Kota Tegal »  Wakil Walikota Tegal Berduka »  Kerupuk Mie »  Rias Pengantin dan Foto Studio Kebanjiran Order »  Tegal Laka-Laka »  Malam Mingguan di Jantung Kota Tegal ( Bag – 1 ) »  SDN Kalinyamat Wetan 2 Rekreasi dan Outbond di Bumijawa »  Palang Pintu KA Rusak Tertabrak Motor »  Puluhan Anak Ikuti Sunatan Masal »  Ratusan Siswa SMP Negeri 17 Mencontreng »  Keripik Setan : Keripik dengan Cita Rasa Pedas yang Khas »  Jumlah Penumpang Bus Menurun »  Kecintaan Keluarga Bung Karno Pada Batik Tinggi »  TRC Kenalkan Kelinci Kepada Pengunjung Mall »  Bos Mulyadana Nikahkan Putrinya »  Poci Hidrolik Karya SMK ISTEK Jadi Pembuka Job Maching »  Bakso Tessy »  Ngabuburit Asyik Naik Mobil Gowes » 
 
Home » Featured » Jurnalisme Tak Selalu Identik Dengan Wartawan
FEATURED

Jurnalisme Tak Selalu Identik Dengan Wartawan

Sunday, 29 April 2012 - 452 Views

INFOPANTURA.COM – KOTA TEGAL -  Selama ini jurnalisme kerap dianggap hal yang sulit dan kerap diidentikkan dengan wartawan. Padahal jurnalisme atau pun penulisan artikel bisa dilakukan dengan mudah dan bisa dilakukan siapa saja.

Hal itu disampaikan panitia Pelatihan Jurnalistik dan Kiat Menulis Artikel, Indra Rustiono, S.Sos, M.Sc saat memberikan kata sambutan pada acara pembukaan. Kegiatan pelatihan sendiri diselenggarakan tadi pagi Minggu (29/4) yang diikuti sedikitnya 300 mahasiswa Universitas Terbuka ( UT ) UPBJJ Purwokerto yang ada di wilayah Brebes, Tegal dan Slawi ( Bregas ) di aula serbaguna SMP Negeri 10 Kota Tegal di Jl. RA. Kartini.

Pada kesempatan itu Indra juga mengatakan pengetahuan secara mendetail tentang jurnalisme ataupun penulisan artikel belum banyak dimiliki mahasiswa UT. “ Oleh karenanya melalui pelatihan jurnlistik ini diharapkan mahasiswa mampu memberikan pengetahuan sekaligus dapat mengembangkan pengetahuannya tentang jurnalistik di masyarakat” Katanya.

Senada dengan Indra, Pengelola Kelompok Belajar ( Pokjar ) IKA Universitas Terbuka, Warsono mengatakan kegiatan yang memiliki nilai manfaat ini baru pertama kali diadakan ini merupakan bentuk kepedulian para alumni UT kepada mahasiswa UT dalam hal peningkatan pendidikan atau pembekalan tentang pengetahuan jurnalisme.

Sementara itu, Soedarso, S.S, M.Si saat memberikan materi mengatakan. Menulis merupakan modal untuk membuat proposal, karya tulis, laporan Tugas Akhir Program ( TAP ). Oleh karenanya sangatlah perlu bagi seorang mahasiswa untuk memiliki kemampuan dalam menulis terutama menulis artikel.

Menurut Soedarso, pakar jurnalistik yang sudah malang melintang di berbagai media, teori dalam menulis akan selalu sama. Oleh karenanya perlu sebuah strategi dalam pembuatan tulisan artikel sehingga bisa dimuat dalam berbagai media yang dikehendaki. Jika sudah begitu secara otomatis akan memberikan tambahan income bagi penulis itu sendiri.

Selain pelatihan menulis, hari itu juga diserah terimakan bantuan dana dari Ikatan Alumni ( IKA ) UT untuk SMP Negeri 10 Kota Tegal. Bantuan tersebut berupa uang tunai yang akan digunakan dalam pengembangan ataupun renovasi sarana dan prasarana SMP Negeri 10 yang selama ini menjadi tempat pembelajaran. ( teguh@infopantura.com )

Related Post
RSPFM

 
Page: /jurnalisme-tak-selalu-identik-dengan-wartawan/ :