Saturday, 23 September 2017
NEWS TICKER
” Serabi Miring ” Panganan Khas yang Ekonomis »  Petugas Pemadam Kebakaran Harus Kenali Sifat – Sifat Api »  Masakan Khas Minahasa Hadir di Kota Tegal »  Wakil Walikota Tegal Berduka »  Kerupuk Mie »  Rias Pengantin dan Foto Studio Kebanjiran Order »  Tegal Laka-Laka »  Malam Mingguan di Jantung Kota Tegal ( Bag – 1 ) »  SDN Kalinyamat Wetan 2 Rekreasi dan Outbond di Bumijawa »  Palang Pintu KA Rusak Tertabrak Motor »  Puluhan Anak Ikuti Sunatan Masal »  Ratusan Siswa SMP Negeri 17 Mencontreng »  Keripik Setan : Keripik dengan Cita Rasa Pedas yang Khas »  Jumlah Penumpang Bus Menurun »  Kecintaan Keluarga Bung Karno Pada Batik Tinggi »  TRC Kenalkan Kelinci Kepada Pengunjung Mall »  Bos Mulyadana Nikahkan Putrinya »  Poci Hidrolik Karya SMK ISTEK Jadi Pembuka Job Maching »  Bakso Tessy »  Ngabuburit Asyik Naik Mobil Gowes » 
 
Home » Featured » Kecintaan Keluarga Bung Karno Pada Batik Tinggi
FEATURED

Kecintaan Keluarga Bung Karno Pada Batik Tinggi

Tuesday, 2 October 2012 - 1657 Views

Puti Guntur Soekarno ( foto by : teguh )

INFOPANTURA.COM – Kota Tegal – Keluarga Ir. Soekarno Presiden I RI atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bung Karno ternyata memiliki kecintaan terhadap budaya Indonesia khususnya Batik. Saking cintanya di rumah salah satu putra beliau tersimpan koleksi batik Nusantara yang diwariskan sejak turun temurun. Tidak hanya itu keluarga Proklamator tersebut sudah sejak kecil dikenalkan tentang batik.

Hal itu terungkap saat Ketua Departemen Organisasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Puti Guntur Soekarno yang tak lain cucu dari Pahlawan Nasional tersebut Senin(1/10) menyambangi sentra Batik Tegal. Sentra Batik tersebut merupakan milik Muniroh di Kelurahan Kalinyamat Wetan Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal. dalam kunjungannya Puti mengajak seluruh Pembatik melestarikan Motif Lawas.

Puti Guntur Soekarno mengisahkan sejak kecil ibunya sudah dikenalkan dengan batik. Sehingga saat dirinya kini sudah dewasa tumbuh rasa cinta terhadap batik yang tinggi. Ia pun mengaku sering mengenakan batik dalam berbagai suasana. “ Karena saya sering dikenalkan batik sejak kecil oleh ibu saya, maka saat dewasa sekarang rasanya lebih nyaman kalau saya memakai batik. Dan saya memakainya dalam berbagai suasana “ terangnya.

Namun kini ia melihat generasi muda sekarang nampaknya telah melupakan batik. Sehingga batik terutama yang bermotif lawas sudah hampir hilang. Oleh karenanya pada kunjungannya ke sentra batik Muniroh itu dirinya menghimbau kepada generasi muda untuk mempertahankan batik agar tidak punah. Tak hanya kepada para generasi muda, Puti juga menghimbau kepada pengusaha batik untuk kembali menggali batik dengan motif lawas.

“ Besok ( hari ini ) tepat memperingati hari batik, oleh karenanya saya menghimbau kepada masyarakat terutama kepada generasi muda untuk memakai batik tentunya sebagai wujud dukungan kita terhadap  batik sebagai budaya nasional. Dan kepada para pengusaha untuk bisa menggali motif lawas dan kemudian di sinkronkan dengan kebutuhan trend saat ini “ katanya.

sementara Muniroh salah seorang pengrajin batik motif tegalan mengatakan untuk saat ini permintaan batik cukup tinggi. permintaan batik tiap bulannya mencapai 500 lembar kain. sedangkan untuk motif batik tegalan yang paling diminati antara lain kembang pacar, Dalaran Kandang, cempaka putih, kuku macan, mayang jambe dan Cempaka Mulyo. (teguh@infopantura.com)

Related Post
RSPFM

 
Page: /kecintaan-keluarga-bung-karno-pada-batik-tinggi/ :