Saturday, 23 September 2017
NEWS TICKER
” Serabi Miring ” Panganan Khas yang Ekonomis »  Petugas Pemadam Kebakaran Harus Kenali Sifat – Sifat Api »  Masakan Khas Minahasa Hadir di Kota Tegal »  Wakil Walikota Tegal Berduka »  Kerupuk Mie »  Rias Pengantin dan Foto Studio Kebanjiran Order »  Tegal Laka-Laka »  Malam Mingguan di Jantung Kota Tegal ( Bag – 1 ) »  SDN Kalinyamat Wetan 2 Rekreasi dan Outbond di Bumijawa »  Palang Pintu KA Rusak Tertabrak Motor »  Puluhan Anak Ikuti Sunatan Masal »  Ratusan Siswa SMP Negeri 17 Mencontreng »  Keripik Setan : Keripik dengan Cita Rasa Pedas yang Khas »  Jumlah Penumpang Bus Menurun »  Kecintaan Keluarga Bung Karno Pada Batik Tinggi »  TRC Kenalkan Kelinci Kepada Pengunjung Mall »  Bos Mulyadana Nikahkan Putrinya »  Poci Hidrolik Karya SMK ISTEK Jadi Pembuka Job Maching »  Bakso Tessy »  Ngabuburit Asyik Naik Mobil Gowes » 
 
Home » Featured » Makanan Berformalin Ditemukan Di Supermarket
FEATURED

Makanan Berformalin Ditemukan Di Supermarket

Wednesday, 8 August 2012 - 469 Views

Mengenali Makanan sangat dibutuhkan sebelum mengkonsumsinya

INFOPANTURA.COM – KOTA TEGAL- Walikota Tegal H Ikmal Jaya SE Ak bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Koperasi,UMKM, Industrian dan Perdagangan Kota Tegal melakukan sidak makanan di dua swalayan Selasa (7/8). Dalam sidaknya kali ini Walikota menemukan makanan yang mengandung formalin dan makanan yang tak layak konsumsi.

Ikmal Jaya mengatakan dalam rangka menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pemkot Tegal melaksanakan sidak untuk memastikan masyarakat Kota Tegal kondusif dan aman dalam mengkonsumsi makanan. Sidak tersebut meliputi makanan berformalin, berpengawet serta kadaluarsa.

“Hal ini untuk mengantisipasi beberapa oknum yang melakukan kecurangan seperti menjual makanan yang tidak layak makan “ Tegas Ikmal

Makanan yang ditemukan mengandung formalin adalah tahu yang dijual di salah satu supermaket. Tahu tersebut di test dengan menggunakan Food Contamination Test Kit dan hasilnya positif mengandung formalin 0,1% per 25ml sampel. Sementara di swalayan lainnya yang cukup terkenal di Kota Tegal, Dinas Kesehatan juga menemukan makanan yang menggunakan bahan pewarna kain dan makanan yang telah berjamur, meski tanggal kadaluwarsa hingga Juni 2013.

Walikota secara tegas meminta kepada pemilik salah supermarket agar memberhentikan distribusi dan menarik produk dari edaran. “ Bagi produsen tahu berformalin diseluruh Kota Tegal akan mendapatkan himbauan dan nasehat dari pemerintah terkait bahaya formalin agar tidak lagi mencampurkan bahan kimia berbahaya tersebut pada makanan”.

Mengenai ditemukannya beberapa makanan seafood kering yang telah berjamur, seperti cumi dan ikan asin yang telah memutih akibat jamur, Ikmal menyebutkan makanan ini jelas membahayakan masyarakat jika dikonsumsi. Beberapa makanan kering kemudian ditarik dan pihak pengelola diberi himbauan oleh Walikota agar tidak menjajakan makanan tidak layak di etalase swalayan. (teguh@infopantura.com)

Related Post
RSPFM

 
Page: /makanan-berformalin-ditemukan-di-supermarket/ :