Thursday, 23 November 2017
NEWS TICKER
” Serabi Miring ” Panganan Khas yang Ekonomis »  Petugas Pemadam Kebakaran Harus Kenali Sifat – Sifat Api »  Masakan Khas Minahasa Hadir di Kota Tegal »  Wakil Walikota Tegal Berduka »  Kerupuk Mie »  Rias Pengantin dan Foto Studio Kebanjiran Order »  Malam Mingguan di Jantung Kota Tegal ( Bag – 1 ) »  Tegal Laka-Laka »  SDN Kalinyamat Wetan 2 Rekreasi dan Outbond di Bumijawa »  Palang Pintu KA Rusak Tertabrak Motor »  Puluhan Anak Ikuti Sunatan Masal »  Ratusan Siswa SMP Negeri 17 Mencontreng »  Kecintaan Keluarga Bung Karno Pada Batik Tinggi »  Keripik Setan : Keripik dengan Cita Rasa Pedas yang Khas »  Jumlah Penumpang Bus Menurun »  TRC Kenalkan Kelinci Kepada Pengunjung Mall »  Bos Mulyadana Nikahkan Putrinya »  Poci Hidrolik Karya SMK ISTEK Jadi Pembuka Job Maching »  Bakso Tessy »  Ngabuburit Asyik Naik Mobil Gowes » 
 
Home » Featured » Masakan Khas Minahasa Hadir di Kota Tegal
FEATURED

Masakan Khas Minahasa Hadir di Kota Tegal

Monday, 16 April 2012 - 2977 Views
INFOPANTURA.COM – KOTA TEGAL – – Anda penggemar kuliner nusantara? nah bagi anda penikmat kuliner sejati, ada menu baru yang disajikan di Warung Makan Suka – suka yang beralamat di Jl. Merpati No.258, Kelurahan  Randugunting Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal.
Di warung makan tersebut tersaji aneka makanan khas dari Minahasa ( Manado ) Sulawesi Utara yang patut anda coba.Menu yang bisa anda nikmati di warung makan tersebut antara lain ayam kemangi, ayam balado, ikan kemangi, sup ikan, sup kacang merah dan sesekali menyajikan bubur tinotuan atau bubur manado yang memiliki kekhasan mengandung banyak sayuran.
Sang pemilik Reni Sumakul (47) mengatakan masakan Manado memiliki ciri khas yang terkenal pedas. Namun di warung miliknya, ia sudah mengurangi rasa pedas tersebut. Hal itu dilakukannya untuk menyesuaikan selera masyarakat Kota Tegal.
“ Pada awal buka saya buat masakan yang sesuai dengan cita rasa Manado yang pedas. Namun keesokan paginya pembeli memberi masukan untuk mengurangi rasa pedas, sehingga bisa lebih nikmat dilidah masyarakat Kota Tegal. Dan dengan senang hati masukan itu kami lakukan sampai sekarang “ ungkap wanita kelahiran Minahasa tersebut.
Rasa pedas yang ada dalam masakan tersebut tidak hanya berasal dari cabe dan rawit saja, melainkan hasil dari perpaduan dari bumbu lainnya seperti jahe, kunyit, serai dan sebagainya.  Dan untuk  menu andalan ayam kemangi dan ikan memiliki tambahan bumbu yang diberikan antara lain daun kemangi, daun jeruk atau belimbing wuluh yang akan membuat aromanya memiliki kekhasan sesuai dengan namanya.
Reni menceritakan, ia terinspirasi untuk membuka warung makan tersebut karena ia merasa bosan dengan menu yang ada. Sehingga tercetuslah ide untuk menghadirkan menu yang berbeda untuk menambah kekayaan kuliner di Kota Tegal.
Diluar dugaan, masakan buatannya langsung mendapat sambutan dari masyarakat. Banyak konsumen yang datang untuk mencoba masakannya. Bahkan ia harus memasak sampai dua kali sebab begitu selesai masak pukul 10.00, para konsumen berbondong – bonding membeli. “ tidak lama setelah matang langsung habis hanya dalam kurun waktu 2 jam. Akhirnya saya masak lagi untuk menyajikan menu disore harinya “ tutur istri Alqomar ( 51 ) tersebut.
Tak hanya lezat, harga masakan yang disajikan juga tidak terlalu mahal. Untuk ayam kemangi dihargai Rp 5.000/ potong, ikan Rp 6.000/potong dan sup kacang merah Rp 3.000/potong. Bila anda tak cukup uang untuk membelinya, anda bisa menikmati menu lainnya yang lebih ekonomis  dengan harga dibawah  Rp 3.000. Sesekali warung makan tersebut menyajikan nikmatnya bubur Manado. Namun jika anda tidak beruntung maka bubur tersebut pun sudah diserbu oleh pembeli. Jadi jika anda ingin mencoba datang saja ke alamat tersebut. Selamat mencoba…[teguh@infopantura.com]
Related Post
RSPFM

 
Page: /masakan-khas-minahasa-hadir-di-kota-tegal/ :