Monday, 28 July 2014
NEWS TICKER
Wakil Walikota Tegal Berduka »  Kecintaan Keluarga Bung Karno Pada Batik Tinggi »  Malam Mingguan di Jantung Kota Tegal ( Bag – 1 ) »  Petugas Pemadam Kebakaran Harus Kenali Sifat – Sifat Api »  Masakan Khas Minahasa Hadir di Kota Tegal »  Ratusan Siswa SMP Negeri 17 Mencontreng »  Kerupuk Mie »  ” Serabi Miring ” Panganan Khas yang Ekonomis »  Tegal Laka-Laka »  Ngabuburit Asyik Naik Mobil Gowes »  Rias Pengantin dan Foto Studio Kebanjiran Order »  TRC Kenalkan Kelinci Kepada Pengunjung Mall »  SDN Kalinyamat Wetan 2 Rekreasi dan Outbond di Bumijawa »  Keripik Setan : Keripik dengan Cita Rasa Pedas yang Khas »  Puluhan Anak Ikuti Sunatan Masal »  SDN Kalinyamat Wetan 3 Kota Tegal adakan Kegiatan Membatik »  Poci Hidrolik Karya SMK ISTEK Jadi Pembuka Job Maching »  Panwas Warning Parpol Bandel »  Pantai Alam Indah »  PPT PUSPA Kota Tegal Akan Segera Miliki Kesekretariatan » 
 
Home » Ekonomi » Ngabuburit Asyik Naik Mobil Gowes
EKONOMI

Ngabuburit Asyik Naik Mobil Gowes

Monday, 30 July 2012 - 430 Views

ngabuburit lebih asyik naik mobil gowes

INFOPANTURA.COM – Kota Tegal –  Menunggu waktu buka puasa di sore hari paling enak dilewatkan dengan ngabuburit. Apalagi bila ngabuburit dilakukan bersama orang – orang terdekat seperti sahabat pacar atau keluarga. Dan bagi anda yang suka ngabuburit di Bulan Puasa seperti saat ini tentu sudah hafal dengan lokasi yang cocok buat ngabuburit  yang satu ini.  Ya…Alun – alun Kota Tegal tepatnya di depan masjid Agung Kota Tegal.

Salah satu sudut di kawasan alun – alun menghadirkan keunikan tersendiri. Keunikan itu dihadirkan dari sebuah kendaraan yang dihiasi pernak – pernik yang sangat mencolok dan diterangi lampu hias saat malam tiba. Kendaraan unik itu bentuknya menyerupai mobil, akan tetapi dindingnya hanya pada sudut dan berfungsi sebagai penyangga atap.

“ Mobil Gowes “ tulisan hitam terpampang dibagian depan kendaraan tersebut. Nama “Mobil Gowes“ menurut pemiliknya diambil dari kata mobil dan gowes. Mobil karena memang bentuknya menyerupai mobil dan gowes karena menjalankannya tidak menggunakan mesin namun harus dikayuh atau digenjot menggunakan kaki.

Dan benar saja saat infopantura mencobanya ternyata kendaraan itu memang mirip seperti mobil. Kemudinya menggunakan stir bukan stang dan untuk menjalankannya  disediakan 4 pasang kayuhan atau genjotan. Dua di depan dan sisanya ada di belakang. Meski dikayuh rasa lelah tak bakal menghampiri, yang ada perasaan senang saat mengelilingi  kawasan alun – alun.

Haryono sang pemilik mengatakan mobil gowes ini sengaja didatangkan dari kebumen langsung untuk menyediakan wisata berkendara bagi warga Kota Tegal. Tak tanggung – tanggung pihaknya rela mengeluarkan biaya sebesar Rp.12  Juta untuk satu unit mobil gowes. Hemmm…seharga dengan satu buah unit motor yah..

“ Kendaraan ini kami datangkan dua minggu yang lalu mas, dan harganya sama seperti satu unit sepeda motor baru “ ungkapnya.

Mahal memang, tapi ternyata sebanding dengan biaya yang harus dibayar bagi yang ingin mencoba menaikinya. Satu kali pemakaian dikenakan tarif sebesar Rp.15.000,- untuk satu putaran mengelilingi kawasan Alun – alun atau sekitar 15 menit. Jika ada 10 orang penyewa, sudah bisa dibayangkan dalam kurun waktu sekitar 4 jam pemilik bisa meraih keuntungan 150.000,-. Waktu 4 jam itu dari jam 18.00 hingga 22.00 malam.

Sejak kehadirannya di Kota Tegal kendaraan itu terus mendapatkan apresiasi yang tinggi dari masyarakat. Seperti yang dikatakan Nova warga Randugunting yang sengaja membawa serta keluarganya untuk sekedar mencoba kendaraan hias tersebut.

Ditemui usai berkeliling dengan kendaraan itu Nova mengatakan sangat menikmati perjalanan menggunakan mobil gowes ketimbang motor atau sepeda kayuh biasa. Itu dikarenakan saat mengendarainya ia bisa duduk berdampingan dengan anak dan suaminya. Sambil mengenalkan apa yang ditemuinya kepada anaknya.

“ Ini berbeda ketika saya berboncengan naik motor atau sepeda biasa, meski masih bisa melakukannya namun kamunikasinya sedikit terganggu karena saya harus mendekatkan wajah saya ke anak saya “ katanya.

Keunikan lain yang ditawarkan kendaraan ini ialah dari properti yang ada didalamnya. Selain lampu hias warna – warni kendaraan ini juga menyediakan hiburan full music yang akan menjadi teman dalam berkayuh ria. Kapasitas kendaraan ini yang mampu menampung 8 orang sekaligus menambah suasana ramai dan seru saat berkendara. Bagaimana dengan suasana ngabuburit anda ? ( teguh@infopantura.com )

Related Post
RSPFM

 
Page: /ngabuburit-asyik-naik-mobil-gowes/ :