Thursday, 23 November 2017
NEWS TICKER
” Serabi Miring ” Panganan Khas yang Ekonomis »  Petugas Pemadam Kebakaran Harus Kenali Sifat – Sifat Api »  Masakan Khas Minahasa Hadir di Kota Tegal »  Wakil Walikota Tegal Berduka »  Kerupuk Mie »  Rias Pengantin dan Foto Studio Kebanjiran Order »  Malam Mingguan di Jantung Kota Tegal ( Bag – 1 ) »  Tegal Laka-Laka »  SDN Kalinyamat Wetan 2 Rekreasi dan Outbond di Bumijawa »  Palang Pintu KA Rusak Tertabrak Motor »  Puluhan Anak Ikuti Sunatan Masal »  Ratusan Siswa SMP Negeri 17 Mencontreng »  Kecintaan Keluarga Bung Karno Pada Batik Tinggi »  Keripik Setan : Keripik dengan Cita Rasa Pedas yang Khas »  Jumlah Penumpang Bus Menurun »  TRC Kenalkan Kelinci Kepada Pengunjung Mall »  Bos Mulyadana Nikahkan Putrinya »  Poci Hidrolik Karya SMK ISTEK Jadi Pembuka Job Maching »  Bakso Tessy »  Ngabuburit Asyik Naik Mobil Gowes » 
 
Home » Featured » Panwas Kewalahan Tertibkan APK
FEATURED

Panwas Kewalahan Tertibkan APK

Sunday, 6 April 2014 - 531 Views

panwas bersihkan apkINFOPANTURA.COM – Kota Tegal -Memasuki masa tenang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) mulai membersihkan alat peraga kampanye (APK) yang masih terpasang Minggu (6/4). Banyaknya APK yang ada menyebabkan Panwas merasa kewalahan untuk membersihkannya.

Ketua Panwaslu Kota Tegal Toto Pranoto, ST disela-sela kegiatan penertiban mengatakan, memasuki masa tenang yang akan berlangsung mulai hari ini, semua APK harus ditertibkan. Hal ini dikarenakan dapat berpotensi melanggar pasal UU no 8 2012 pasal 276 jo pasal 83 ayat 2 dan 3 yakni kampanye diluar jadwal.

” Para pelanggarnya dapat dikenakan hukuman  selama 1 tahun dan denda Rp 12 juta rupiah. Oleh karenanya Panwas mengajak kepada jajaran parpol maupun caleg untuk dapat membersihkan alat peraganya sendiri,” katanya.

Sementara itu, dalam proses penertiban Panwaslu menerjunkan tim gabungan. Tim tersebut terdiri atas Panwaslu kota dan sekretariat, Panwascam, PPL dan relawan sejumlah 293 orang. Selain itu, dari Kepolisian 16 personel, Kesbangpolinmas 4 orang, Satpol PP 19 dan KPU 4 orang. Tim kemudian dibagi menjadi 4 tim yang melakukan penertiban di 4 Dapil yang ada.

Meski demikian Panwas merasakan kewalahan dalam melakukan penertiban APK. Hal ini dikarenakan jumlah APK yang ada sangat banyak, bahkan mencapai ribuan. Selain itu banyak APK yang dipasang ditempat sulit sehingga membutuhkan alat bantu. ” Oleh karenanya kami meminjam tangga listrik kepada Dinas terkait untuk mempermudah proses penertiban,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Panwas juga menyampaikan apresiasi yang tingginya kepada Parpol yang telah ikut Pembersihan alat peraganya. Parpol-parpol tersebut seperti Golkar, PPP, Nasdem, PKS, Demokrat. Toto juga menghimbau agar parpol lainnya bisa mengikutinya sehingga tugas panwas akan terbantukan dan potensi pelanggaran tidak akan terjadi.

” Kepada parpol yang sudah menunjukan itikad baik dengan berupaya ikut membersihkan tentu kami sangat menghargai. Jika tidak pastinya kami akan menindak jika ternyata masih ditemukan alat peraga saat masa tenang ini,” tegasnya.

Toto menambahkan kegiatan penertiban ditargetkan bakal rampung dalam 3 hari sejak hari ini hingga 8 April mendatang.[teguh]

Related Post
RSPFM

 
Page: /panwas-kewalahan-tertibkan-apk/ :