Thursday, 23 November 2017
NEWS TICKER
” Serabi Miring ” Panganan Khas yang Ekonomis »  Petugas Pemadam Kebakaran Harus Kenali Sifat – Sifat Api »  Masakan Khas Minahasa Hadir di Kota Tegal »  Wakil Walikota Tegal Berduka »  Kerupuk Mie »  Rias Pengantin dan Foto Studio Kebanjiran Order »  Malam Mingguan di Jantung Kota Tegal ( Bag – 1 ) »  Tegal Laka-Laka »  SDN Kalinyamat Wetan 2 Rekreasi dan Outbond di Bumijawa »  Palang Pintu KA Rusak Tertabrak Motor »  Puluhan Anak Ikuti Sunatan Masal »  Ratusan Siswa SMP Negeri 17 Mencontreng »  Kecintaan Keluarga Bung Karno Pada Batik Tinggi »  Keripik Setan : Keripik dengan Cita Rasa Pedas yang Khas »  Jumlah Penumpang Bus Menurun »  TRC Kenalkan Kelinci Kepada Pengunjung Mall »  Bos Mulyadana Nikahkan Putrinya »  Poci Hidrolik Karya SMK ISTEK Jadi Pembuka Job Maching »  Bakso Tessy »  Ngabuburit Asyik Naik Mobil Gowes » 
 
Home » Featured » Pemkot Tegal Pasang Groin Atasi Abrasi
FEATURED

Pemkot Tegal Pasang Groin Atasi Abrasi

Tuesday, 4 September 2012 - 657 Views

Walikota Tegal menunjukan abrasi di bibir pantai

INFOPANTURA.COM – Kota Tegal – Pemerintah Kota Tegal saat ini tengah berupaya keras menanggulangi abrasi yang terjadi di sepanjang pantai. Upaya ini dilakukan antara lain dengan pemasangan pemecah gelombang ombak atau groin dan sabuk pantai. hingga saat ini sudah terpasang 86 titik groin.

Kepala kantor lingkungan hidup (KLH) Kota Tegal Sugiyanto senin (3/9) siang tadi mengatakan sejak tahun 2003, Pemkot tegal sudah melakukan pemasangan groin. Sebanyak  86 titik groin, dipasang sepanjang 7,2 kilometer pantai kota tegal. tidak hanya itu , ratusan meter sabuk pantai juga dibuat untuk melindungi bibir pantai.

Pada tahun 2012 ini, ada 8 titik groin yang dilakukan penambahan dari 20 hingga 25 meter. Selain itu, 400 meter sabuk pantai juga dipasang di kelurahan muarareja. Kegiatan yang menghabiskan anggaran APBD Kota Tegal hingga 457 juta rupiah difokuskan di wilayah kelurahan muarareja. Sebab diwilayah ini menurut Sugiyanto paling besar dampak abrasi.

“ Dengan adanya penambahan groin dan sambuk pantai, mengakibatkan banyak tanah – tanah timbul. sugiyanto menambahkan rata – rata tanah ini mencapai panjang hingga 10 meter dari bibir pantai “ katanya.

Sementara Walikota Tegal Ikmal Jaya menegaskan tanah – tanah timbul, akibat adanya pemasangan groin merupakan dalam tanah penguasaan negara. Sehingga warga dilarang mengusai atau membuat banguan.

“ Selain itu, Pemerintah Kota Tegal juga akan membenahi kawasan pantai sepanjang wilayah Kelurahan Panggung hingga kelurahan muarareja. pembenahan kawasan diluar obyek wisata pantai alam indah (PAI) menurut ikmal bagian dari pencanangan Tegal Wisata tahun 2014 mendatang ” ungkap Ikmal. ( teguh@infopantura.com )

Related Post
RSPFM

 
Page: /pemkot-tegal-pasang-groin-atasi-abrasi/ :