Saturday, 23 September 2017
NEWS TICKER
” Serabi Miring ” Panganan Khas yang Ekonomis »  Petugas Pemadam Kebakaran Harus Kenali Sifat – Sifat Api »  Masakan Khas Minahasa Hadir di Kota Tegal »  Wakil Walikota Tegal Berduka »  Kerupuk Mie »  Rias Pengantin dan Foto Studio Kebanjiran Order »  Tegal Laka-Laka »  Malam Mingguan di Jantung Kota Tegal ( Bag – 1 ) »  SDN Kalinyamat Wetan 2 Rekreasi dan Outbond di Bumijawa »  Palang Pintu KA Rusak Tertabrak Motor »  Puluhan Anak Ikuti Sunatan Masal »  Ratusan Siswa SMP Negeri 17 Mencontreng »  Keripik Setan : Keripik dengan Cita Rasa Pedas yang Khas »  Jumlah Penumpang Bus Menurun »  Kecintaan Keluarga Bung Karno Pada Batik Tinggi »  TRC Kenalkan Kelinci Kepada Pengunjung Mall »  Bos Mulyadana Nikahkan Putrinya »  Poci Hidrolik Karya SMK ISTEK Jadi Pembuka Job Maching »  Bakso Tessy »  Ngabuburit Asyik Naik Mobil Gowes » 
 
Home » Featured » Petugas Pemadam Kebakaran Harus Kenali Sifat – Sifat Api
FEATURED

Petugas Pemadam Kebakaran Harus Kenali Sifat – Sifat Api

Saturday, 19 May 2012 - 3671 Views

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Tegal | Foto : Teguh

INFOPANTURA.COM – KOTA TEGAL  – Menjadi seorang petugas pemadam kebakaran ternyata tidaklah mudah. Banyak sekali persyaratan yang harus dimiliki seseorang untuk dapat bergabung di dalamnya. Diantaranya, seseorang harus dapat mengenali sifat – sifat api. Hal ini menjadi penting untuk menentukan strategi dalam melakukan pemadaman yang cepat dan efisien.

Salah seorang petugas, Taridi ( 39 ) mengungkapkan hal tersebut saat dikonfirmasi infopantura.com di kantornya di Jl. Merpati Selatan Kota Tegal. Menurut Taridi petugas pemadam dibedakan menjadi tiga tingkatan. Tingkatan pertama adalah helper ( Pembantu ), Penyelamat 1 dan 2 sedangkan tingkatan tertinggi adalah penyelamat utama. Masing – masing tingkatan ada perolehan jumlah jam latihan.

“ Untuk tingkat helper minimal seseorang harus sudah menempuh seratus jam pelatihan dengan materi sifat – sifat api dan teknik dan strategi pemadaman. Tingkatan penyelamat satu dan dua harus melewati 200 jam dan untuk penyelamat utama harus lebih banyak dari keduanya “ terangnya.

Taridi menambahkan, saat ini pihaknya memiliki 3 unit mobil pemadam dengan kapasitas yang berbeda. Untuk kapasitas 3.000 liter ada dua unit dan 5.000 liter ada satu unit. Meski begitu terkadang penanganan kebakaran terkendala minimnya fasilitas. Seperti data terjadi kebakaran di pusat berbelanjaan yang berlantai tiga. Para petugas harus menarik selang dari dasar hingga lantai tiga. Tentu saja hal ini mengganggu atau menghambat penanganan karena tekanan yang kecil tentu saja air tidak mau naik.

“ Kami membutuhkan peralatan yang otomatis yang akan membantu menangani kebakaran dengan cepat sehingga jumlah korban maupun kerugian bias diperkecil”.

Pria yang juga relawan organisasi kemanusiaan PMI ini menyebutkan selain perlengkapan, tendon air merupakan hal selanjutnya yang menjadi kendala. Dia menyebutkan saat ini Kota Tegal hanya memiliki beberapa tendon air yang tersebar. Yakni di depan kantor DPU, Martoloyo dan Kelurahan Kalinyamat Wetan. Ditambah lagi jumlah personil saat ini hanya ada enam regu dan satu Kepala Operasi. Dimana masing – masing regu terdiri atas empat orang.

“ Kami sangat membutuhkan perhatian dari pihak berwenang, karena selain jumlah personil yang terbatas ternyata kesejahteraan pun belum mencukupi. Untuk seragam saja sudah dua tahun ini belum ada seragam baru “ pungkasnya. ( teguh@infopantura.com )

Related Post
RSPFM

 
Page: /petugas-pemadam-kebakaran-harus-kenali-sifat-sifat-api/ :