Thursday, 31 July 2014
NEWS TICKER
Wakil Walikota Tegal Berduka »  Kecintaan Keluarga Bung Karno Pada Batik Tinggi »  Malam Mingguan di Jantung Kota Tegal ( Bag – 1 ) »  Petugas Pemadam Kebakaran Harus Kenali Sifat – Sifat Api »  Masakan Khas Minahasa Hadir di Kota Tegal »  Ratusan Siswa SMP Negeri 17 Mencontreng »  Kerupuk Mie »  ” Serabi Miring ” Panganan Khas yang Ekonomis »  Tegal Laka-Laka »  Ngabuburit Asyik Naik Mobil Gowes »  Rias Pengantin dan Foto Studio Kebanjiran Order »  TRC Kenalkan Kelinci Kepada Pengunjung Mall »  SDN Kalinyamat Wetan 2 Rekreasi dan Outbond di Bumijawa »  Keripik Setan : Keripik dengan Cita Rasa Pedas yang Khas »  Puluhan Anak Ikuti Sunatan Masal »  SDN Kalinyamat Wetan 3 Kota Tegal adakan Kegiatan Membatik »  Poci Hidrolik Karya SMK ISTEK Jadi Pembuka Job Maching »  Panwas Warning Parpol Bandel »  Pantai Alam Indah »  Palang Pintu KA Rusak Tertabrak Motor » 
 
Home » Featured » Poci Hidrolik Karya SMK ISTEK Jadi Pembuka Job Maching
FEATURED

Poci Hidrolik Karya SMK ISTEK Jadi Pembuka Job Maching

Tuesday, 5 June 2012 - 333 Views

Poci Hidrolik dalam proses pembuatan | Foto : Teguh

INFOPANTURA.COM – Kota Tegal – Pagelaran akbar Job Maching yang menandai pencanangan Tegal Kota Vokasi akan digelar  Selasa ( 5/6 ). Berbagai persiapan dilakukan oleh peserta job maching tersebut yang tak lain berasal dari berbagai perusahaan serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se – Kota Tegal. Guna mensukseskan acara tersebut berbagai sekolah akan menampilkan produk hasil karya para siswanya. Tidak terkecuali SMK ISTEK Tegal.

Apalagi karena kepiawaiannya menciptakan aneka inovasi, SMK tersebut dipercaya oleh Dinas Pendidikan ( Disdik ) Kota Tegal untuk membuat Poci bertenaga Hidrolik yang akan digunakan sebagai simbolis pembukaan Job maching tersebut.

Kepala SMK ISTEK, Drs. Tulus Siswanto saat ditemui ditempat kerjanya mengatakan, pihak Disdik  meminta pihaknya untuk membuat benda itu lantaran sekolahnya sudah pernah membuat benda serupa dengan konsep yang berbeda dalam acara yang berbeda pula.

“ Ini sudah yang ketiga kalinya, pertama kali yang kami buat adalah Bola Dunia untuk LKS di PPIB beberapa waktu silam. Selanjutnya  pada saat pencanangan Tegal Cerdas, kami juga membuat konsep batu, didalam batu tersebut kami menaruh pelajar SD dan SMP, saat tombol dipencet batu tersebut akan membelah yang kemudian menyusul dua pelajar itu dari batu.“ terangnya.

Tulus menambahkan, pihaknya juga sempat menolak permintaan dari Disdik. Hal itu dikarenakan pembuatan poci tersebut sejatinya memerlukan waktu dua minggu. Namun karena dari disdik terus mendesak akhirnya pihaknya juga mengerjakan proyek tersebut meski hanya dikasih waktu satu minggu.

Dalam proses pembuatannya Tulus dibantu para siswanya. Para siswa mengerjakan bentuk pocinya sementara ia merakit elektroniknya. Bahkan ia dan para siswanya rela untuk menginap di sekolah selama beberapa hari demi proyek tersebut. Beruntung para siswanya tak ada yang mengeluh. Para siswa justru mengaku merasa tertantang untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Seperti yang disampaikan Lutfi Ainul Hakim ( 16 ). Linda Fitriawati (17) dan Kamaruzzaman ( 15 ). Meski dua diantaranya tidak pulang kerumah beberapa hari namun mereka mengaku sama – sama senang mengerjakan proyek tersebut.

“ Seru, bisa dapat pengalaman baru mengerjakan proyek itu sekaligus bisa menerapkan ilmu yang selama ini didapat secara teori “ kata Lutfi.

“ Kami tidak merasa susah, justru ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami untuk bisa menciptakan sesuatu yang sangat berguna, apa lagi akan dipakai untuk sebuah kegiatan besar “ timpal Linda.

“ Orang tua kami juga mendukung, meski saya tidak pulang kerumah beberapa hari “ celetuk Kamaruzzaman.

Sementara itu, Waka Kesiswaan Nurkholil, S.Pd berharap pagelaran job maching akan berjalan sukses. Karena hal itu akan menjadi prospek ke depan terutama bagi para lulusan SMK. Sehingga SMK bisa tidak hanya jadi slogan saja namun benar – benar bisa terlaksana. (teguh@infopantura.com)

Related Post
RSPFM

 
Page: /poci-hidrolik-karya-smk-istek-jadi-pembuka-job-maching/ :