Saturday, 23 September 2017
NEWS TICKER
” Serabi Miring ” Panganan Khas yang Ekonomis »  Petugas Pemadam Kebakaran Harus Kenali Sifat – Sifat Api »  Masakan Khas Minahasa Hadir di Kota Tegal »  Wakil Walikota Tegal Berduka »  Kerupuk Mie »  Rias Pengantin dan Foto Studio Kebanjiran Order »  Tegal Laka-Laka »  Malam Mingguan di Jantung Kota Tegal ( Bag – 1 ) »  SDN Kalinyamat Wetan 2 Rekreasi dan Outbond di Bumijawa »  Palang Pintu KA Rusak Tertabrak Motor »  Puluhan Anak Ikuti Sunatan Masal »  Ratusan Siswa SMP Negeri 17 Mencontreng »  Keripik Setan : Keripik dengan Cita Rasa Pedas yang Khas »  Jumlah Penumpang Bus Menurun »  Kecintaan Keluarga Bung Karno Pada Batik Tinggi »  TRC Kenalkan Kelinci Kepada Pengunjung Mall »  Bos Mulyadana Nikahkan Putrinya »  Poci Hidrolik Karya SMK ISTEK Jadi Pembuka Job Maching »  Bakso Tessy »  Ngabuburit Asyik Naik Mobil Gowes » 
 
Home » Featured » ” Serabi Miring ” Panganan Khas yang Ekonomis
FEATURED

” Serabi Miring ” Panganan Khas yang Ekonomis

Wednesday, 9 May 2012 - 4312 Views

INFOPANTURA.COM – KOTA TEGAL  – “Serabi Miring“, bagi anda yang bukan asli Kota Tegal mungkin sedikit bingung, apa sih serabi miring itu? Namun bagi anda yang asli dari Kota Bahari pastinya sudah paham dengan nama makanan ini. Makanan ini di lain daerah dikenal dengan nama Kue Pancong dan beberapa daerah menyebutnya dengan serabi cuthik.

Dulu kue ini banyak sekali dijajakan oleh para pedagang berkeliling kampong dan di tempat keramaian. Seiring perkembangan zaman, kini jarang sekali para penjaja mondar – mandir di kampung. Para pedagang hanya bisa ditemukan di pusat – pusat kota seperti kawasan alun – alun dan keramaian meski sesekali ada yang menjajakannya menelusuri jalanan di desa.

Beruntung malam itu infopantura.com mendapati salah seorang penjual. Sebut saja namanya Warto. Ia sudah lama menekuni profesinya. Namun ia tidak ingat sudah berapa tahun ia sudah menggeluti profesinya. Yang dia ingat sehari – hari ia berangkat sekitar pukul 14.00 dengan membawa seember adonan yang telah dipersiapkan. Jika ramai, maka Warto bisa pulang pukul 19.00 namun jika lagi sepi ia terpaksa pulang pukul 21.00 meski adonan yang dibawanya belum habis.

Selain proses penyiapan bahan adonan yang relative mudah proses pembuatannya pun boleh dibilang gampang. Namun jangan salah, meski terlihat mudah bisa – bisa rasanya akan beda jika kita belum mempelajarinya. Ketika di Tanya, Warto menuturkan seember adonan dibuatnya dari 1Kg tepung terigu, 1 Kg tepung beras, 2 Kg Kelapa dan santan.

“ Saat proses pembuatan, adonan dituangkan ke dalam cetakan yang sudah terpasang diatas kompor dengan nyala api yang sedang. Cetakannya pun hampir sama seperti cetakan kue pukis. Setelah adonan tertuang cetakan pun ditutup sesaat.  Usai kering, kue bisa diangkat dan dinikmati selagi hangat. Sajiannya bisa ditambah dengan gula pasir yang akan menambah rasa gurih bercampur manis yang lezat” terang Warto

Selain rasanya yang lezat, harganya pun cukup ekonomis. Cukup dengan seribu rupiah kita bisa menikmati enam strip makanan ini. Nah, bagi anda yang ingin mencoba datang saja ke Kota Tegal. ( teguh@infopantura.com )

Related Post
RSPFM

 
Page: /serabi-miring-panganan-khas-yang-ekonomis/ :