Saturday, 23 September 2017
NEWS TICKER
” Serabi Miring ” Panganan Khas yang Ekonomis »  Petugas Pemadam Kebakaran Harus Kenali Sifat – Sifat Api »  Masakan Khas Minahasa Hadir di Kota Tegal »  Wakil Walikota Tegal Berduka »  Kerupuk Mie »  Rias Pengantin dan Foto Studio Kebanjiran Order »  Tegal Laka-Laka »  Malam Mingguan di Jantung Kota Tegal ( Bag – 1 ) »  SDN Kalinyamat Wetan 2 Rekreasi dan Outbond di Bumijawa »  Palang Pintu KA Rusak Tertabrak Motor »  Puluhan Anak Ikuti Sunatan Masal »  Ratusan Siswa SMP Negeri 17 Mencontreng »  Keripik Setan : Keripik dengan Cita Rasa Pedas yang Khas »  Jumlah Penumpang Bus Menurun »  Kecintaan Keluarga Bung Karno Pada Batik Tinggi »  TRC Kenalkan Kelinci Kepada Pengunjung Mall »  Bos Mulyadana Nikahkan Putrinya »  Poci Hidrolik Karya SMK ISTEK Jadi Pembuka Job Maching »  Bakso Tessy »  Ngabuburit Asyik Naik Mobil Gowes » 
 
Home » Featured » TRC Kenalkan Kelinci Kepada Pengunjung Mall
FEATURED

TRC Kenalkan Kelinci Kepada Pengunjung Mall

Tuesday, 2 October 2012 - 1575 Views

Tak hanya di mall TRC juga kenalkan kelinci dipusat keramaian

INFOPANTURA.COM – Kota Tegal – Kelinci diketahui memiliki  jenis yang beraneka macam seperti jenis Australi, Flemish ataupun Rex (bulu karpet), Fuzzy Lop dan sebagainya. Karena jenisnya yang beraneka ragam maka perlu dikenali untuk membedakan satu dengan yang lainnya. Salah satunya yakni dengan mengenali kelinci – kelinci yang ada karena tiap jenis memiliki ciri khas tersendiri.

“ Seperti jenis English Angora yang  memiliki bulu lebat diseluruh tubuhnya. Sementara  jenis Fuzzy Lop dengan bulu yang tidak begitu lebat ditambah dengan ciri telinganya yang turun, tidak berdiri seperti kelinci-kelinci pada umumnya. Begitu pula dengan jenis Holland Lop dengan bulu pendek dan kedua telinganya yang turun” ungkap Ketua Tegal Rabbit Community (TRC), Iswanto saat ditemui pada Sosialisasi Pengenalan Jenis-jenis Kelinci di Diamond Hall Rita Mall, Minggu (30/9).

Menurutnya, masih banyak jenis-jenis kelinci yang perlu masyarakat ketahui, seperti jenis himalayan dengan warna tubuh yang dominan putih, mata berwarna merah, telinga, kaki dan mulut berwarna hitam. Selanjutnya jenis Nadherland Dwarf dengan tubuh yang lebih kecil dibandingkan kelinci pada umumnya dan memiliki telinga yang lebih pendek dan kecil. Untuk harga per ekor kelinci tergantung jenis-jenisnya. Kisaran harga anakan usia 2 bln mencapai 75 sampai 150 ribu. Melalui sosialisasi yang dilaksanakan, TRC bermaksud memberikan pengetahuan kepada masyarakat sekaligus mengajak masyarakat untuk bisa membudidayakan kelinci.

“ Kelinci merupakan hewan kaya manfaat. Selain tampilannya yang lucu, kotoran dan urine juga bisa digunakan untuk pupuk tanaman baik pupuk padat dari fesesnya maupun pupuk cair melalui proses dari urine yang dihasilkan. Disamping itu, daging kelinci juga rendah kolesterol, jika dibuat sebagai kuliner maka aman dan nikmat dikonsumsi” jelasnya.

Iswanto menambahkan, TRC yang baru saja dibentuk merupakan wadah silaturahmi dan bertukar informasi sehingga bisa bersama-sama memajukan perkelincian di Tegal dan sekitarnya. Ia menghimbau kepada masyarakat yang ingin lebih tahu mengenai kelinci bisa datang ke Sekretariat TRC di jalan Sulang RT 5 RW 6 Kabupaten Tegal, atau juga bisa mengikuti sosialisasi yang diadakan TRC setiap malam minggu di Alun-alun Tegal atau minggu pagi di kawasan GOR Wisanggeni. ( teguh@infopantura.com)

 

Related Post
RSPFM

 
Page: /trc-kenalkan-kelinci-kepada-pengunjung-mall/ :